Day 3 Bunsay Level 10

Sabar dan Mengambil Respon yang Memberdayakan

Hari ini kakak ribut lagi dengan iyuk (ART kami). Kebetulan ART kami ini usianya cukup tua dan pendengarannya kurang bagus plus penglihatannya pun sudah berkurang.

Pertengkaran kali ini karena kakak merasa disalahkan atas sesuatu yang menurut kakak sebenarnya salah si iyuk. Akhirnya Abinya sempat memberi gambaran bahwasannya melakukan sesuatu yang kontrolnya itu berada di kita lebih baik dibandingkan dengan jika kontrolnya di pegang orang lain. Seperti kasus kakak sore itu karena kakak lebih megandalka iyuk untuk menyiapkan bekal akhirnya karena ingatan iyuk kurang baik jadilah iyuk tidak memasukkan sendok ditas bekal makan siangnya kakak.

Akhirnya bunda malam sebelum kakak tidur menyampaikan tiga data tentag kondisi iyuk yang sebenarnya sudah kami semua pahami. tiga hal tersibut saya sampaiakan ke kakak bahwa iyuk lebih tua dari kakak bahkan dari bunda dan abi, Iyuk mulai kurang baik pendengaranya sehingga kami harus sedikit berteriak jika ingin berkomunikasi dan yang terkahir iyuk ini penglihatannyapun mulai berkurang terbukti banyaknya sendok yang masih kotor dan harus kami cuci lagi setiap hendak makan. Sehingga dari tiga data ini saya minta kakak untuk lebih bersabar saat harus berinteraksi dengan iyuk

Sayapun mencontohkan kepada kakak tentang mengambil respon supaya lebih berdaya. Kisah tentang seseorang yang sedang berjalan dan kemudian ada orang yang tidak dikenal memukul kepalanya dan si orang tersebut mengambil respon dengan “ooh mungkin orang ini gila atau setress ga kenal tapi memukul saya” sehingga dia tidak merasa sakit hati atau marah saat itu malah membiarkannya dan tetap berlalu. Saya sampaikan bahwa inilah respon yang memberdayakan karena sebenarnya marah itu buka reflek tetapi kita punya waktu untuk mengambil pilihan mau marah atau mengambil respon yang memberdayakan.

Alhamdulillah kakak mendengarkan dengan baik, tidak menginterupsi dan hanya tersenyum. Saya berharap dia paham dan lebih bijak dalam berkomunikasi dengan iyuk, karena saya sampaikan juga keluhan Iyuk yang merasa sulit juga untuk berkomunikasi dengan kakak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s