Day 2 Bunsay Level 10

Adil yang Bukan Sama Rata Tetaoi Membagi Sesuai Kebutuhan Penerima

Hari ini saya tidak lama ambil waktu bersama kakak, karena kakak cukup letih setelah seharian sekolah dan les renang sorenya.

Hari itu secara tidak sengaja saya membahas tentang adil, karena waktu kami pergi dia merasa kami orang tuanya kurang adil memperlakukan kakak dan adik. Akhirnya saya jelaskan bahwa adil itu tidak selalu membagi rata sesuatu misalnya membagi pekerjaan rumah, tentunya karena kakak lebih tua kakak akan mendapatkan pekerjaan yang kelihatannya lebih berat jika di bandingkan dengan pekerjaan yang diterima adiknya. tetapi ini  jadi tidak adil karena sang adik usianya terpaut jauh.

Saya juga sempat mambahas kondisi adiknya yang masih kesulitan membaca jam analog. Kadang adiknya masih bingung jika diminta untuk menyelesaikan sesuatu dengan acuan jam akibat dari disleksianya yang belum tuntas, akhirnya kakak malah bercerita kepada saya tentang seorang guru IEP nya dia yang juga disleksia dan masih sulit mengeja beberapa kata seperti beautiful dan because. Kakak bilang menurut gurunya yang berasal dari London dan sudah berusia 20 tahun ini dia memang kesulitan mengeja dan disana banyak orang yang sudah paham tentang penyakit disleksia. Kakak bercerita pada saya bahwa ternyata pada beberapa anak penderita disleksia meskipun terlihat biasa tetapi mereka tetap harus punya trik trik khusus untuk mengatasi kekurangannya.

Alhamdulillah pengalaman belajar kakak di sekolah dalam program IEP ( international English Program) membuat kakak mendapat pengalaman berinteeraksi dengan seseorang dengan kondisi disleksia seperti adiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s